Sabtu, 13 Juli 2013

Kendala menanam sayur pakcoy hidroponik, pengalaman pribadi

Setiap kita belajar pasti kita akan menemukan banyak hal yang menarik dan juga banyak kendala atau masalah yang akan menghadang. Namun masalah ini akan ada karena kekurangan pengalaman kita saja, seiiring dengan waktu maka masalah akan tereduksi dengan sendirinya. Jika saudah lolos satu masalah pasti akan ada masalah yang lebih sulit lagi. Kayak ujian waktu sd sampai kuliah itu lo.. kan pasti ada ujian jika kita ingin lulus. Didunia nyata ujian ini sama dengan masalah yang akan datang pada kita.

Namun jika kita sadar masalah ini adalah tantangan yang akan meningkatkan kemampuan kita jika kita sudah mampu melewatinya. Ini adalah cara Allah menguatkan kita menjadi pribadi yang lebih tinggi lagi derajatnya... oke!! maaf malah ceramah hehe, terus apa hubungannya dengan sayuran hidroponik?? wkwkwkw. Ya banyaklah hubungannya, hidroponik memerlukan ilmu dan juga teori yang benar sebelum kita lebih jauh berangkat ke praktek.

Pasti akan ada kendala maupun masalah dilapangan ketika kita menanam tanaman secara hidroponik, namun demikian ada banyak forum dan orang yang bisa untuk kita sharing agar budidaya hidroponik kita bisa sesuai harapan dengan masalah yang tidak begitu berarti. amiiin, google , youtube, facebook , kaskus dan media-media online lainnya bisa anda gunakan untuk mengurai setiap masalah dalam anda berhidroponik.

Saat ini tanaman sayur pertama yang saya tanam secara hidroponik adalah pakcoy, Ada beberapa kendala yang saya hadapi selama 15 hari terakhir belajar hidroponik. Apa saja?? hehe
Sistem hidroponik yang baru saya coba menggunakan sistem wick. Menggunakan set hidroponik dengan 12 lubang tanam, dibawah ini beberapa masalah yang ada ketika menanam pakcoy:

1. cuaca
Hujan panas, sayuran kehujanan langsung, solusi ada penutup diatas tanaman , solusi buat green house misalnya
2. nutrisi hidroponik
kualitasnya, solusi cari seller nutrisi hidroponik yang terpercaya
3. benih
benih yang kurang berkualitas solusi pilih benih yang berkualitas
4. mati
semaian kurang sukses tanam 12 tumbuh 11, solusi belajar lagi
5. hewan pengganggu
eh ud tumbuh umur 1 minggu dimakan tikus, atau hewan apa gitu.. tinggal batang aja solusi jauhkan dari hewan
6. media tanaman
media tanam yang saya sukai adalah rockwool, gampang dan pertumbuhan baik. solusi coba media tanam dan pilih yang terbaik
7. pompa udara
sering mati sebelah, karena dicabang. solusi beli pengatur cabang pompa
8. listrik
listrik kadang mati, jadi pompa kadang mati.. solusi ada genset
9. air
Kualitas air, ph yang tidak cocok dengan nutrisi , solusi harusnya punya ph meter.

Baru 9 masalah diatas yang saya hadapi dalam saya belajar hidroponik, tentu masalah diatas karena kekurangan ilmu saya tentang hidroponik. adanya masalah ini tentu akan memacu saya untuk terus belajar menghadapi masalah diatas.. syarat jika anda ingin maju dan sukses..Selesaikan masalah anda sesegera mungkin.. siap??


2 komentar:

  1. Or ang bijak mengatakan pengalaman adalah guru yang uama, lebih gagal krn mencoba dr pada tidak penah mencoba sama sekali. Sukses buat teman yng lg getol ber hidroponik. Kami sendiri sedang mencoba semoga berhasil

    BalasHapus