Rabu, 10 Juli 2013

Semai sayuran hidroponik menggunakan 3 METAN ( media tanam ) berbeda

Saat ini saya memiliki 3 metan yaitu rockwool, cocopeat dan sebak atau sekam bakar. Biasanya ada 3 tahap yaitu semai, pembibitan dan pindah tanam. Karena baru punya 1 benih pakchoi ya ujicobanya pakai benih pakcoy ini. Benih pakcoy termasuk benih kecil, kalo mau semai yang banyak bisa menggunakan media semai, namun karena coba-cobanya baru sedikit - sedikit jadi langsung di media tanam yang sesungguhnya saja , hehe Untuk syarat media tanam sudah saya tulis dalam artikel sebelumnya yaitu mau pilih media tanam yang mana??

Saya menyiapkan 3 jenis media tanam dengan 3 botol aqua yang telah dimodifikasi menjadi media tanam dengan sistem wick. Kemarin saya sudah sempat menulis tentang bagaimana memanfaatkan botol bekas untuk menanam sayuran hidroponik ini.. 1 botol saya isi media tanam sekam bakar, satu kombinasi bawah arang sekam atas cocopeat dan yang 1 botol lagi menggunakan rockwool dan arang sekam.

Botol yang menggunakan sekam bakar saya kasih 2 biji pakcoy 1 langsung ke sebak dan satu lagi saya kasih rockwool tipis diatas sekam bakar. Dengan cara ini benih sempat keluar tunas namun dihari kedua saya lihat lagi calon batang layu dan gak ada keluar akar2 kecil yang biasa keluar, kenapa bisa layu saya amati karena hari itu sangat panas dan sifat arang sekam yang mudah kering ketika kena panas. Karena gak berhasil akhirnya saya coba untuk menanam bawang merah,  semoga berhasil.

botol kedua yang media tanamnya adalah cocopeat dan sekam bakar. Cocopet diatas dan sekam bakar dibawah, untuk yang model ini sampai saat ini benih tumbuh normal, artinya sampai saat ini berhasil. Karena baru umur 3 harian masih ada kemungkinan gagal, namun saya inginnya sih berhasil sampai panen. Cocopeat saya amati lebih bisa menahan air dari pada sekam bakar, ini hanya pengamatan saya saja, belum baca artikel tentang perbandingan cocopeat versus sekam bakar. gambar dibawah ini




botol aqua ke tiga menggunakan rockwool kecil kotak yang ditanam ke sekam bakar, Alhamdulillah umur 2 hari sudah tumbuh daun dan mulai mekar. Dari ketiga media tanam dan cara semai diatas saya memang lebih suka menggunakan rockwool, karena paling cepat tumbuh, mudah cara aplikasinya, fleksibel untuk berbagai sistem hidroponik, ada netpot yang sangat cocok untuk rockwool ini. gambar dibawah ini ya..


Dari pelajaran diatas saya bisa mengambil hal-hal yang saya pelajari tentang teknik semai yang baik menurut saya adalah:
1. Gunakan media tanam yang bisa menyimpan air cukup
2. Usahakan media tanam dalam keadaan basah dan tidak kering, cukup air
3. Usahakan untuk kena sinar matahari, jangan terlalu terik
4. Pilih benih yang berkualitas
5. cukup oksigen dan suhu yang standar ( 26.5 sd 35°C )






0 komentar:

Posting Komentar