Jumat, 05 Juli 2013

Memanfaatkan botol bekas untuk tanam sayuran Hidroponik

Sebelum anda membaca artikel ini , Yuk berbagi bersama kami tentang hidroponik di fanpage facebook kami klik disini  

Kemarin sempat kongkow di Facebook dan menemukan gambar yang cukup menarik untuk langsung saya praktekkan dirumah.
Gambar apakah itu? Gambar menanam hidroponik dengan  sistem wick / sumbu dengan botol bekas. Sebenarnya ada banyak cara dan juga media untuk membuat set hidroponik, bisa dari botol bekas aqua, atau jenis botol bekas lain, bisa menggunakan peralon, bisa dengan ember plastik, bisa dengan talang air dll.

Botol bekas menurut saya sangat menarik karena bisa ikut membantu mengurangi dan memanfaatkan sampai menjadi media yang bisa digunakan.
dibawah ini gambarnya anda bisa liat..


Dari gambar diatas inilah, saya mencoba mencontoh dan membuat seperti gambar diatas. dan bijinya juga masih sama Pak Choi. Karena baru punya 1 macam jenis benih sayuran.
Cuman saya menanamnya dengan METAN / Media tanam sekam bakar hasil karya sendiri. Karena belum punya cocopeat akhirnya hanya menggunakan sekam bakar saja. Kemarin siang saya buat seperti gambar diatas..



Uji coba saya baru buat 1 botol saja,, botol aqua yang 350 ml , yang ukuran sedang. Dalam 1 botol saya kasih 2 biji pakchoi 1 biji langsung ke sekam bakar dan 1 biji saya kasih di sekam bakar yang diatasnya saya kasih rockwool tipis. Mau saya bandingkan saja... Barusan saya cek sih sudah mulai membelah bijinya yang ada rockwoolnya dan yang langsung ke sekam belum nampah belahannya. Mungkin besok,, heeh

Dibawah hasil praktek dari contoh gambar teori diatas, untuk hasil tanaman belum ada karena baru buat semai saja,, hehe



selamat mencoba..

butuh alat dan bahan hidroponik? klik www.hidroponikuntuksemua.com/shop

add pin 54074DCC dan 5766FD44  dapatkan promo menarik setiap hari

23 komentar:

  1. Siang pak,menarik sekali artikelnya. Mau tanya pak,fungsi flanel ini untuk apa ya?dan apakah dengan flanel ini media tanam akan basah terus?mohon infonya ya pak...makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. flanel untuk megalirkan nutrisi ke media tanam pak, juga untuk pertumbuhan akar menuju nutrisi hidroponik

      Hapus
    2. Kalau boleh tau, nutrisi yang digunakan apa yah?

      Hapus
    3. nutrisi hidroponik pak. bisa ke www.hidroponikuntuksemua.com/shop

      Hapus
  2. menyukai cara ini semoga sukses selalu ...............

    BalasHapus
  3. menyukai cara ini semoga sukses selalu ...............

    BalasHapus
  4. menyukai cara ini semoga sukses selalu ...............

    BalasHapus
  5. kaLo tidak ada fLaneL apakah bisa dengan sumbu kompor minyak.. Tq

    BalasHapus
  6. Untuk metan sekam+cocopeat apakah perlu dibasahkan dahulu atau tetap kering saat di masukkan bibit hasil semai ke system wick ini. Mohon petunjuk. karena jika metan basah maka air akan turun ke nutrisi nya.

    BalasHapus
  7. Pada gambar 3 lubang dia.1cm terletak pada sisi botol atas yang ada tutupnya, tapi di gambar 4 ada lunang juga di botol bagian bawah. Sebenarnya perlu 2 lubang atau 1 lubang saja ya? Dan fungsi lubang itu sendiri untuk apa ya?

    BalasHapus
  8. Saya mau tanya cara tanam hidroponik yg d rookwool tu
    Hrs pke pupuk g spya dia tumbuh tuk jd benih.
    ?
    Trus klo dh d pndh k media tanam pa hrus pake pupuk jg sprt media tnm pke tanah.?
    Mhn d jwb selengkp x y biar sya ngrti...mksh...

    BalasHapus
  9. klo medianya pakek tanah boleh nggak gan?

    BalasHapus
  10. sy jg mencoba dg botol seprti conth bapak,tapi menggunakan spon u media tanam yg sekaligs sbg sumbu penyalur air.percobaan pertama biji cabe.trus yg sy tanyakan apakah perlu dipindah atau biarkan dsitu ?brapa hari air perlu diganti ?perlu diketahui tanaman cabe dah tumbuh kurleb 20cm.trimakasih infonya

    BalasHapus
  11. inspiratif, mau coba ah. thx

    BalasHapus
  12. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus