Jumat, 05 Juli 2013

Membuat SEBAK, Sekam Bakar untuk media tanam

Ada beberapa media tanam yang bisa anda gunakan untuk menanam sayuran dalam budidaya tanaman hidroponik, salah satunya adalah SEBAK atau sekam bakar, Selain SEBAK ada lagi media tanam yang sering digunakan petani Hidroponik yaitu cocopeat dan juga rockwool.

Dalam tulisan kali ini, saya hanya ingin berbagi bagaimana cara membuat sekam bakar. Karena di daerah saya ada banyak sekam maka saya memutuskan untuk mencoba membuat SEBAK atau sekam bakar sendiri, biar ngirit, hehe..

Sekam atau kulit padi biasanya ada banyak di tempat penggilingan padi, nah kebetulan dirumah deket pengilingan padi jadi untuk eksperimen tinggal minta satu kresek besar, hehe..

Apa saja yang perlu disiapkan untuk membuat SEBAK??

1. Sekam
2. korek api
3. Arang
4. Centong pengeruk sekam
5. kertas

Langkahnya adalah, ambil korek api nyalakan kertas dan bakar arang, atau buat api dari bambu sampai ada bara api dalam arang. Jika arang sudah merah karena menyala maka tumpahkan sekam pada arang yang telah menjadi api tadi.

Biasanya tidak butuh waktu lama agar sekam menjadi terbakar sampai menjadi arang sekam atau sekam bakar. Sekam bakar yang baik yang masih utuh seperti sekam, karena kalo sudah jadi abu kurang bagus. Jika membakar sekam terlalu lama biasanya sekam akan menjadi abu, jadi sebelum sekam menjadi abu tapi sudah terbakar dan berwarna hitam sebaiknya diambil menggunakan centong pengeruk yang telah disiapkan tadi.

Diatas adalah cara saya, jika ada yang kurang berkenan mohon dikoreksi ya.. hehe
Kalo gak mau ribet yang mending beli saja, karena saya ada sekam banyak ditetangga jadi bisa saya manfaatkan, itung-itung ngirit..xixi

fotonya nanti menyusul ya...



0 komentar:

Posting Komentar