Rabu, 17 Juli 2013

Melihat pertumbuhan pakcoy hidroponik dengan 2 metan berbeda

Setiap saat saya selalu cek semua tanaman hidroponik saya, karena posisinya yang ada di sebelah kamar mandi. Setiap kebelakang mau ke kamar mandi atau sekedar mau nengok dapur pasti melihat sayuran hidroponik yang saya tanam. Alhamdulillah ternyata menanam tanaman dengan system hidroponik memang asyik. Ada perasaan gimana gitu, ketika biji yang kita tanam mengeluarkan kuncup daun yang siap menjadi sayuran segar siap panen,, hehe sambil ngayal..

Tadi saya mengamati biji pakcoy yang saya tanam dengan media tanam cocopeat pertumbuhan daun lebih lambah sedangkan yang menggunakan metan rockwool + arang sekam pertumbuhan daun lebih cepat. Untuk tinggi tanaman memang yang menggunakan cocopeat lebih tinggi namun daun masih 2 dan itupun kecil-kecil, sedangkan yang satunya daun sudah mulai muncul lagi bakal daun ke 3 dan ke 4.  Apa karena pengaruh media tanamnya ya?? Umur pakcoy yang menggunakan metan rockwool + arang sekam lebih muda 2 hari.
Jika dilihat dari umur seharusnya yang lebih tua yang tumbuh lebih cepat dan lebih baik, namun ini berbeda dengan apa yang ada dipikiran saya. Ya gak apa, namanya juga baru belajar. Sekarang juga pakcoy nya masih kecil baru umur 7 harian. Kita lihat lagi nanti kalo sudah umur 30 hari, bisa dibandingkan lagi..
Setelah saya ingat-ingat kemarin memang yang menggunakan metan cocopeat tidak saya kasih nutrisi dulu, sedangkan yang menggunakan rockwool langsung saya kasih nutrisi hidroponik pada rockwoolnya. Mungkin ini jua berpengaruh pada pertumbuhan daun pada pakcoy ini.

kiri cocopeat + sebak, kanan rockwool + sebak


Semua tanaman sayuran saya saat ini saya coba menggunakan system wick, dan saat ini saya baru belajar system kerja system NFT dari youtube. Sebagian peralatan NFT sudah saya beli tinggal merangkainya saja. Setelah saya lihat beberapa video di youtube system kerjanya NFT ini saya sudah paham. Sudah ada 1 pralon, pompa air yang biasa buat aquarium, selang, bak air dll. Doain ya sobat proses belajar NFTnya sukses, hehe biar nanti juga dishare diblog ini..

0 komentar:

Posting Komentar