Selasa, 16 Juli 2013

Aktivitas hidroponikku hari ini..

Pagi hari ini masih dalam bulan ramadhan, pagi begitu dingin menyelimuti. Setelah bangun makan sahur bersama istriku, akhirnya saya  membuka laptop untuk melihat perkembangan website/blog dan juga facebook fanpage yang saya kelola.  Update website baru saya dan share ke fanpage facebook,  ini, ada begitu banyak peluang dibidang pangan dimasa depan yang bisa kita manfaatkan.

Ini adalah artikel ke 2 saya pagi ini di blog ini, karena koneksi modem lagi luemott abiss,  Ngisi waktunya nulis-nulis saja.. Alhamdulillah,, Cek tanaman sayur pakcoy dan juga cek bawang merah. Pakcoy sudah tumbuh lumayan ada 4 daun dan diameter sudah memenuhi net pot yang saya pakai saat ini. Cuma karena kemarin sering kena hujan, beberapa tanaman pakcoynya pada ambruk. Pagi ini saya coba tambahin rockwool disekitar batang pakcoy supaya bisa berdiri tegak lagi.

Selain nambah rockwool, hari ini juga taruh 1 biji pakcoy lagi karena yang kemarin putus daunnya ternyata tidak bisa tertolong alias mati. Kalo disemai dulu mungkin jika ada yang mati gini tinggal ganti saja, namun karena tanamnnya masih sedikit jadi semai langsung di netpot nya saja. Kalo ada yang mati ya tinggal taruh biji lagi.. Dari 12 lubang tanam ada 2 sayuran pakcoy yang mati, 1 kering dan 1 lagi karena putus daunnya..
Memang dalam belajar sesuatu kita harus bersabar menghadapi setiap masalah yang ada, termasuk belajar menanam sayur  hidroponik ini. Hidroponik adalah hal yang benar-benar baru bagi saya, namun setelah semua dicoba ternyata tidak sesusah yang dibayangkan kok. Walaupun tetap saja kendala dan masalah pasti ada, namun selama 2 mingguan ini semua masih bisa teratasi.

Untuk bawang merah yang ditanam menggunakan metan sekam bakar, Alhamdulillah pagi ini saya cek ternyata akar sudah sampai kebawah dasar botol, ada 2 akar yang terlihat berwarna putih. Cukup senang melihatnya, walaupun kuncup belum keluar. Ada harapan bawang merah ini akan tumbuh, karena akar sudah tumbuh. Semoga bawang merah pertama yang saya tanam dengan system hidroponik ini berhasil. Jika berhasil tentu saja akan mudah di duplikasi pada skala apapun.


Aktivitas berhidroponik hari ini cukup sekian dulu, karena saya harus melanjutnya kerja, hehe.. nyari duit dulu biar dapur ngebul…

0 komentar:

Posting Komentar