Selasa, 16 Juli 2013

Cara Menanam bawang merah hidroponik

Artikel ini saya saya tulis untuk sharing saja mengenai cara menanam bawang merah secara hidroponik, skala hobi ya.. Namun sebenarnya prinsip dasarnya sama saja baik skala hoby maupun skala industri.Saya coba menanam menggunakan botol aqua sebagai wadah media tanam, hehe. Ternyata asyikkan, botol aqua bekas yang tidak digunakan lagi bisa dimanfaatkan untuk menanam sayuran hidroponik, tentu saja untuk skala hobi saja.

Sebelum anda membaca artikel ini , Yuk berbagi bersama kami tentang hidroponik di fanpage facebook kami klik disini  

Untuk cara membuat botol aqua sebagai media untuk menanam sayuran hidroponik kemarin sudah pernah ditulis dalam artikel sebelumnya yaitu tentang memanfaatkan botol bekas untuk menanam dengan sistem hidroponik silahkan dibaca-baca dulu. Nah dalam artikel sebelumnya sudah dibahas ya, tentang bagaimana cara membuat botol bekas untuk berhidroponik, makanya sudah tidak saya bahas lagi disini.

Cara untuk menanam bawang merah hidroponik dan apa saja yang perlu disiapkan untuk menanam bawang merah ini?? yuk silahkan disimak..

1. botol bekas
2. media tanam saya pakai sekam bakar
3. benih bawang merah
4. nutrisi hidroponik
5. air
6. kain flanel
7. cutter

Nah jika anda sudah menyiapkan peralatan seperti daftar diatas, maka langkah selanjutnya adalah merangkainya menjadi media untuk menanam bawang merah hidroponik. kira-kira nanti gambarnya seperti dibawah ini :

botol bekas step by step

rockwool

kira kira seperti ini jadinya..
Caranya gampang saja, ambil bawang merah didapur. kalo mau yang kualita bagus bisa beli benih di toko pertanian, namun untuk skala hobi bisa ambil di dapur saja.. Ambil 1 siung bawah merah, bersihkan dan tancapkan di media tanam pada botol aqua seperti diatas. Untuk step by step lengkapnya mungkin lebih enak ditulis dalam artikel yang lain ya.. oke terima kasih , sampai jumpa pada artikel selanjutnya..


0 komentar:

Poskan Komentar