Kamis, 18 Juli 2013

Bawang merah hidroponik sudah mulai tumbuh

Aktivitas pagi setelah makan sahur hari ini adalah menemani anak saya yang juga sudah bangun pagi dan jam 5 tadi, minta lihat shoun the seep via youtube, hehe.. padahal laptop mau buat kerja update blog blog bisnis saya yang lain. Tapi namanya juga anak, kalo saya sih masih ada waktu nanti, jadi ngalah dulu ama anak.. Setelah update artikel di dua blog saya dan share ke facebook fanpage sana sini tak terasa sudah siang..

Sekitar jam 07:30 pagi ini saya cek bawang merah yang coba saya tanam dengan sistem hidroponik, masih menggunakan botol aqua dengan media tanam sekam bakar. Walaupun sempat tumpah 2 kali karena buat mainan anak saya, namun Alhamdulillah pagi ini sudah mulai muncul tunas baru. Saya gak nyangka ternyata hampir berhasil, padahal dengan perlakuan yang kurang bagus menurut saya. Memang enak bercocok tanam hidroponik, walaupun masih skala hobi namun saya merasakan bahwa menanam sayuran secara hidroponik itu mudah.

Tidak perlu ribet berurusan dengan olah tanah, tinggal taruh benih di  metan, kasih nutrisi dan tidak perlu siram lagi.. Ini yang saya alami saat menanam pakcoy dan juga bawang merah. Bawang merah yang saya tanam memang dari benih yang tidak tahu kualitasnya, karena saya cuma ambil didapur, hehe. Saya ingin coba apakah berhasil tumbuh dengan cara hidroponik ini. Untuk cara menanam bawang merah hidroponik kemarin sempat saya tulis dalam artikel sebelumnya. silahkan klik disini untuk membacanya..

Walaupun belum berhasil sepenuhnya sampai panen, paling tidak ada harapan bawang merah yang saya tanam ini nanti akan menghasilkan bawang merah anakan yang siap dipanen. Ini harapan saya sih, hehe.. Ketika skala hobi ini sukses, artinya belajar hidroponik yang saya lakukan ini berhasil tentu sangat mungkin untuk beralih ke skala produksi. Ini tahapan berikutnya setelah ada modal dan juga cukup ilmunya, hehe

untuk gambar bawang merah hidroponiknya silahkan cek dibawah ini:


0 komentar:

Posting Komentar