Senin, 01 Juli 2013

Belajar menanam sayuran dengan sistem hidroponik

Sudah 2 hari ini saya baru menerjuni dunia baru , belajar menanam sayuran hidroponik. Semoga awal belajar hidroponik ini menjadi sesuatu yang berharga buat saya. Walaupun masih 2 hari Alhamdulillah biji yang saya tanam sudah mulai bersemai dan mengeluarkan kuncup-kuncup kecil yang pastinya nanti akan berkembang dan tumbuh menjadi daun yang hijau. Semoga

Senang rasanya ketika hasil jerih payah yang dilakukan membuahkan hasil setelah 24 jam menunggu biji akhirnya muncul kuncupnya. Tak sabar rasanya untuk segera panen sayuran hidroponik pertama di rumah sendiri.
Pilihan sayuran pertama kali yang saya tanam adalah biji Pak Choi, Red Choi F1. Karena masih belajar menanam semoga sih lancar.. hehe

Awal ini saya mencoba dengan menggunakan 2 media tanam yang masing-masing media tanam ada 6 lubang tanam.jadi total ada 12 lubang tanam biji pak choi.

Untuk peralatan yang diperlukan apa saja?

1. Media tanam pake rockwool
2. Pot untuk naruh media tanam / rockwool
3. stereoform / gabus
4. Biji sayuran
5. Nutrisi Hidroponik
6. Ember untuk campuran nutrisi hidroponiknya
7. Selang
8. Pinset
9. Kain Flanel
10. air pump
11. Gelas ukur untuk ukur kebutuhan nutrisi
12. galon air untuk campur nutrisi
13. Gergaji  untuk motong rockwool
14. Air


Nanti fotonya diupload kalo sudah sempat, :)

ini beberapa dulu ya..
sayuran hidroponik Pak choi 6 lubang tanam


Ember + air


Pak Choi umur 1 hari dengan sistem Hidroponik

Nah peralatan diatas yang perlu kita siapkan jika kita ingin menanam tanaman atau sayuran hidroponik, Untuk hasilnya seperti apa tergantung ketelatenan teman-teman semua ya..

2 komentar: