Senin, 08 Juli 2013

Perjalanan Pak Choi hari ke 9 tahap belajar menanam sayuran hidroponik

Alhamdulillah hari ini jam 6 sore nanti, sayuran hidroponik yang saya tanam pertama kali yaitu Pakchoi sudah memasuki umur ke 9 sejak biji saya taruh di media tanam Rockwool. Walaupun hanya dimulai dengan 12 lubang tanam, tapi saya bersyukur karena dari ke 12 lubang tanam semua biji bersemai dan tumbuh menjadi Pakchoi kecil.



Hari ke 5 kemarin ada 1 tanaman yang tidak tau mengapa daun kecilnya ilang semua, mungkin dimakan tikus atau buat mainan anak saya.. Namun demikian tetap saya pertahankan sampai sekarang. Tadi saya liat sudah mulai nampak akan muncul daun baru lagi. Sedangkan yang lain normal dan mulai nambah kuncup-kuncup baru yang akan tumbuh terus menjadi sayuran hidroponik yang nantinya siap dipanen, hehe

Satu lagi masalah pada 1 tanaman Pakchoi saya, 1 tanaman Pakchoi tiba-tiba terkulai ntah mengapa. Menurut yang saya liat sih mungkin kena angin besar atau kena daun besar yang jatuh diatasnya. Sudah berusaha saya bangunkan lagi dan saya kasih penyangga namun tadi saya liat lagi ternyata sudah meninggal alias terkulai lemas..Namun saya sempat baca-baca pada artikel tentang kemungkinan busuk pada batang adalah karena terlalu banyak air pada media tanam, namun mungkin bukan ini penyebabnya karena tadi saya cek di rocwool ternyata cukup kering.

Sebenarnya cukup sayang sih, kok bisa mati.. padahal akar sudah mulai sampai pada ujung rockwool.. Ada banyak foto-fotonya di hp cuma belum sempat upload kesini... hehe






0 komentar:

Posting Komentar