Selasa, 09 Juli 2013

Belajar Hidroponik memang asyik..


Sudah memasuki hari ke 10 saya belajar berhidroponik, masih sangat sedikit ilmu yang saya dapatkan tentang bagaimana cara budidaya tanaman secara hidroponik ini. Ada banyak sekali hal yang masih perlu saya pelajari agar semua bisa berjalan dengan lancar. Sistem hidroponik ada banyak, misalnya sistem wick, sistem NFT, Sistem deep water, Aeroponic dll. Untuk saat ini saya baru belajar menggunakan satu paket wick sistem hidroponik dengan 12 lubang tanam.

Awal dengan  menanam Pak choi di 12 lubang tanam tadi, Karena ilmu saat ini masih terbatas saya lakukan sesuai apa yang saya bisa kerjakan saat ini dulu, namun kedepan tentu akan terus dievaluasi dan diperbaiki agar apa yang saya pelajari saat ini bisa menghasilkan. Hobi baru yang semoga bisa bermanfaat untuk saya dan orang-orang disekitar saya.

senang dan Asyik rasanya ketika benih yang kita tanam bisa tumbuh dan menghasilkan daun-daun kecil, memang belajar hidroponik aSIK.. ini menjadi hal baru bagi saya disela-sela aktivitas saya yang lain. Bisa menjadi hal yang sangat mengasyikkan, karena setelah saya googling sana-sini buka youtube sana-sini, ada banyak sekali potensi yang bisa digali dari cara bercocok tanam tanpa media tanah ini..

Hidroponik menjadi solusi masa depan untuk memenuhi kebutuhan pangan, banyak hal yang bisa dilakukan dengan sistem hidroponik yang tidak bisa dilakukan dengan cara menanam secara konvensional.

Fokus yang pengen saya pelajari dalam berhidroponik adalah sayuran, saya ingin menghasilkan sayuran hidroponik yang berkualitas untuk kesehatan keluarga. Hidroponik bisa menjadi solusi sayur segar dan sehat untuk keluarga karena menggunakan nutrisi-nutrisi yang sehat. Saat budidaya juga tidak menggunakan pestisida yang berbahaya, pestisida bisa menghasilkan residu pada tanaman yang kita tanam.

Buat teman-teman yang ingin belajar hidroponik silahkan dimulai dari mana saja, karena anda bisa memulai dari media botol aqua bekas yang ada dirumah. Kemarin saya sudah sempat menulis tentang memanfaatkan botol bekas untuk berhidroponik..

semoga bermanfaat..

0 komentar:

Posting Komentar