Kamis, 25 Juli 2013

Nasib sayuran pakcoy hidroponik yang saya tanam pertama kali

Sudah beberapa hari tidak update perkembangan sayuran pakcoy yang saya tanam dengan cara hidroponik, terakhir saya ceritakan tentang hama tikus yang menyerang sayuran pakcoy ku ya,, Sebelum sayuran rusak , saya sudah sempat semai untuk 6 lubang tanam yang baru, namun gagal juga karena kekeringan. Saat ini baru nunggu semaian pakcoy yang ketiga untuk 18 lubang tanam yang saya punya.

Pagi ini saya cek tanaman pakcoy saya dan ternyata sudah mulai menguning dan ada yang daunnya kayak kebakar. Mungkin ini efek setelah diserang tikus kemarin, dibawah ini beberapa kemungkinan yang menyebabkan pakcoy saya menguning:

1. kurang sinar matahari

Bisa jadi karena ini, karena beberapa hari hujan dan mendung. dan set hidroponik untuk tanaman pakcoy ini saya taruh didalam rumah karena kehujanan, dan mulai menguning ketika didalam rumah.

2. kelebihan nutrisi

Kemungkinan ini juga bisa terjadi karena kemarin campur nya adalah 5 ml A  + 5 ml B untuk 1 liter air. Saat ini saya ganti dengan dosis separuhnya.

3. kekurangan nutrisi

kalo opsi yang ini saya belum ada informasi

4. akibat serangan tikus

memang menguningnya juga setelah 6 lubang tanam habis dimakan tikus, disisakan 6 lubang tanam namun dalam kondisi yang menyedihkan

5. kualitas air

karena belum punya ph meter akhirnya belum bisa menyimpulkan,

5 hal diatas saya simpulkan setelah diskusi dan tanya sana-sini. Untuk kebenaran analisa diatas nanti akan kami update pada artikel selanjutnya ya..

1 komentar: