Rabu, 24 Juli 2013

Semai ke 3 Sayuran Pakcoy Hidroponik

Saat awal belajar hidroponik atau belajar apapun itu memang pasti membutuhkan kerja yang lebih karena kita harus meluangkan waktu untuk membaca teori dan mempraktekkannya.Banyak  hal yang berbeda dalam pratek dan teori semua butuh improvisasi dengan kreatifitas masing-masing dan kondisi lingkungan masing-masing. Saya masih baru dalam tahap benar-benar belajar hidroponik, sampai saat ini belum ada 1 tanaman sayuran hidroponik yang berhasil saya panen, hehe sambil menyemangati diri sendiri.

25 hari umur belajar hidroponik saya , yang selalu saya tulis di blog ini jika ada waktu luang yang bisa saya sempatkan untuk menulis. Ada banyak hal yang saya pelajari dari praktek dengan media seadanya sampai rintangan rintangan yang masih terus ada, namun saya yakin ketika kita terus berusaha nanti pasti akan ada banyak kemudahan setelah kesukaran, hehe

Sudah beberapa kali semai sayuran pakcoy mulai dari menggunakan metan sebak, cocopeat dan juga rockwool. Karena semaian pertama dengan metan rockwool saya rasa pertumbuhan sampai saat ini tidak menunjukkan gejala yang akan baik setelah terserah tikus kemarin, akhirnya saya memutuskan semai lagi. Padahal sebelum ini saya sudah semai untuk 6 lubang tanam , namun mati semua karena kekeringan. Saya tinggal pergi 2 hari, eh pulang-pulang biji cuma tumbuh satu itu saja sudah terkulai karena kekeringan..

Nah kemarin saya siapkan rockwool lagi untuk semai pakcoy lagi, kali ini saya menggunakan rockwool yang saya basahi semuanya terus saya taruh biji pakcoy diatasnya, barusan saya cek sudah mulai pecah biji pakcoynya. Semoga semai yang ke 3 ini bisa berhasil sampai panen..Kali ini saya coba semai lebih dari 20 biji yang rencana mau saya tanam di 18 lubang tanam yang saya miliki.

semaian ke 3 pakcoy

0 komentar:

Posting Komentar