Sabtu, 17 Agustus 2013

Cara menanam benih bayam secara hidroponik

Pada prinsipnya cara menanam tanaman hampir sama prosesnya baik itu tanaman sayuran, tanaman sayuran buah maupun tanaman perkebunan. Ada beberapa tahapan yang harus dilalui agar proses menanam tanaman bisa berjalan optimal. Proses semai, pindah tanam, pemeliharaan dan panen. 4 proses cara menanam inilah yang perlu anda lakukan agar ayam yang ditanam tumbuh subur.

Sebelum anda membaca artikel ini lebih jauh , Yuk berbagi bersama kami tentang hidroponik di fanpage facebook kami klik disini  

Perlengkapan apa saja yang diperlukan untuk menanam bayam? tentu ada beberapa alat dan bahan yang harus disiapkan untuk kesuksesan menanam bayam ini, untuk menanam bayam secara hidroponik dibawah ini alat dan bahan yang perlu anda siapkan, diantaranya:

1. benih bayam
2. media semai
3. media tanam / rockwool
4. net pot
5. sumbu ( kain flanel )
6. sprayer
7. ember tempat nutrisi hidroponik
8. stereoform

3 hari setelah taruh benih


pertama kali siapkan bahan untuk disemai, karena ini akan menggunakan media tanam hidroponik skala hobi anda bisa menyemai benih bayam langsung pada media tanam, jadi tidak perlu pindah tanam. Siapkan rockwool yang sudah dibasahi air secukupnya, letakkan benih bayam diatas rockwool, saya tiap rockwool saya kasih 3-4 benih bayam supaya nantinya jadi rimbun :). taruh ditempat yang teduh supaya perkecambahan benih cepat. Setelah benih keluar tunas pindah kan pada tempat yang terkena sinar matahari.

set hidroponik


Biasanya benih akan berkecambah dan mengeluarkan daun pada hari ke 1-3. Jadi sabar saja ya.. setelah ada 2 daun dan anda tempatkan pada sinar matahari jangan lupa terus cek kelembapan air pada rockwool supaya benih bayam yang mulai tumbuh tidak kekeringan.

Benih bayam akan terus tumbuh, dan ketika sudah keluar daun sejati atau 4-5 daun anda bisa memindahkan bayam pada media tanam hidroponik. Anda bisa membuat sendiri media / set hidroponik sederhana ini atau anda bisa membelinya. Starter kit hidroponik awal biasanya menggunakan sistem sumbu dengan 6 lubang tanam menggunakan ember.

Untuk pemeliharaan selalu cek nutrisi hidroponik pada ember dan tempatkan pada tempat yang terkena sinar matahari secara cukup. kalo benih bayam cabut anda bisa mulai panen antara minggu ke 3 dan ke 4 setelah tanam.

add pin 54074DCC dan 5766FD44  dapatkan promo menarik setiap hari




3 komentar:

  1. nice poting, keep sharing yaa... ada sedikit referensi ni http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/56343

    BalasHapus