Rabu, 21 Agustus 2013

Mencoba semai benih cabe

Terus semai jika ingin sukses berhidroponik, itu kata para senior hidroponik. Ini juga yang terus saya coba agar tanaman-tanaman hidroponik yang saya semai dan tanam bisa tumbuh subur. Masih jauh dari berhasil karena 2 kali sayuran pakcoy saya juga belum bisa panen, Saat ini pakcoy sudah berumur 20 hari namun pertumbuhan juga belum optimal. Setau saya :)

Harus coba menggunakan nutrisi, benih, air dan media tanam lain mungkin, karena saat ini saya menggunakan peralatan hidroponik dan nutrisi hidroponik hasil pemberian teman. hehe gak modal ya.. ( pantesan kalo belum berhasil ). Nah saat ini saya mencoba semai benih cabe, setelah kemarin semai benih bayam berhasil. Bayam berhasil disemai, namun gak tau pertumbuhan selanjutnya gimana, karena pengalaman dari kemarin ketika semai berhasil namun ketika masa pertumbuhan kurang berhasil. Semoga kali ini berhasil :) ngarep dong..

Apa saja sih yang diperlukan untuk menyemai benih cabe??

1. Media tanam
2. benih cabe
3. tempat semai / bisa pake trai semai atau plastik
4. pinset
5. sprayer

Setelah alat-alat semai diatas sudah disiapkan, langkah selanjutnya adalah proses semai benih cabe, untuk benih cabe ada banyak jenisnya tinggal anda mau pilih yang mana,  untuk skala hobi anda bisa memilih jenis cabe hias atau cabe unik terpedas seperti bhut jolokia atau morinaga.

Saat ini saya coba menggunakan media tanam sekam bakar, basahi sekam bakar dengan air buat lubang kira2 1 cm, letakkan benih cabe dalam lubang dan tutup lagi dengan sekam bakar.  Media tempat semai dengan plastik atau tisu basah supaya kelembapan tetap terjaga supaya benih cepat sprout / bertunas. Tempatkan pada tempat yang tidak terkena sinar matahari secara langsung, jika benih sudah mulai keluar tunas anda bisa taruh ditempat yang ada sinar mataharinya. Selamat mencoba..


0 komentar:

Posting Komentar