Senin, 05 Agustus 2013

Cara menanam sayuran pakcoy secara hidroponik

Cara menanam sayuran pakcoy hidroponik pada prinsipnya hampir sama dengan cara menanam pakcoy dengan cara tradisional. Cuma media nya saja yang berbeda, pertanian di indonesia sebagian besar menggunakan lahan sawah untuk menanam sayuran dan juga jenis tanaman pertanian lainnya.

Sebelum anda membaca artikel ini , Yuk berbagi bersama kami tentang hidroponik di fanpage facebook kami klik disini  

Hidroponik adalah cara menanam tanaman tanpa menggunakan media tanah, hidroponik menggunakan media air sebagai pengganti tanah, air yang telah dilarutkan nutrisi hidroponik. Unsur hara makro dan juga mikro yang diperlukan tanaman untuk pertumbuhan tanaman yang ditanam. Ada banyak sekali teknik hidroponik yang bisa digunakan mulai dari skala hobi dengan teknik sederhana sampai yang serba otomatis dengan skala produksi. 

Nah untuk menanam pakcoy hidroponik anda bisa menggunakan media yang paling sederhana seperti botol bekas. menggunakan teknik wick, teknik wick itu yang seperti apa sih? teknik wick adalah cara menanam tanaman termasuk sayuran pakcoy dengan menggunakan sumbu untuk mengalirkan nutrisi ke akar tanaman yang kita tanam. Untuk cara membuatkan kemarin sudah pernah ditulis di blog ini. Setelah anda memilih teknik hidroponik dan peralatan hidroponik anda bisa segera memulai menanam sayuran pakcoy. 

Nah dibawah ini akan saya uraikan cara menanam pakcoy secara hidroponik, ada 4 tahapan 
1. Persiapan alat hidroponik
Sebelum menanam pakcoy secara hidroponik yang perlu disiapkan pertama kali adalah set hidroponik, seperti media tanam seperti rockwool, net pot, nutrisi hidroponik, benih pakcoy, kain flanel, steroform, ember dan lain-lain tergantung teknik dan juga set hidroponik yang ingin anda gunakan. 

2. Persemaian
Siapkan benih pakcoy, basahi media tanam dalam hal ini anda bisa menggunakan rockwool. taruh biji pakcoy 1-2 benih ditiap 1 persemaian. tutup rapat dan taruh pada tempat gelap supaya kelembapan terjaga sampai benih mulai mengeluarkan tunas, jika sudah bertunas, buka penutup dan pindahkan pada tempat yang terkena sinar matahari supaya pertumbuhan tidak hanya meninggi saja. tunas muncul bisa hari 2-4 setelah taruh benih di rockwool.

3. Menanam
Jika daun sudah keluar 3-4 helai anda bisa memindah persemaian ke media tanam yang telah anda siapkan. Larutkan nutrisi hidroponik supaya pertumbuhan optimal. Namun persemaian nya anda bisa langsung ke media tanam rockwool yang langsung nanti untuk media pertumbuhan sampai panen.

4. Perawatan
Selalu cek kondisi tanaman pakcoy yang anda tanam, kondisi nutrisi jangan sampai kehabisan. 

5. Panen
Pakcoy biasa panen mulai umur 45 hari.

tahapan diatas wajib dilalui untuk hasil yang optimal. 


1 komentar:

  1. Saya ingin tanya, untuk membuat pakcoy jadi berbunga atau supaya berbiji bagaimana?
    Tolong balas!!!��

    BalasHapus