Kamis, 01 Agustus 2013

Perkecambahan Benih sayuran

Sebelum memulai aktivitas dalam menaman langkah awal yang perlu disiapkan adalah, media tanam, benih, penyemaian dan pemindah tanaman serta perawatan. Nah dari urutan diatas tentu penyemaian menjadi langkah awal agar proses bercocok tanam baik dilakukan dengan sistem hidroponik atau sistem lainnya bisa berjalan.

Pilihlah benih unggul supaya proses penyemaian yang diikuti dengan perkecambahan benih bisa optimal, sebisa mungkin optimal 99% berkecambah dan tumbuh menjadi bibit yang siap tanam. Benih sayuran biasanya berukuran kecil, namun demikian tetap bisa anda lakukan.

Untuk bercocok tanam secara hidroponik skala hobi anda bisa langsung meletakkan benih pada media tanam di netpot tidak perlu menggunakan media semai dulu, namun demikian jika anda ingin melakukan persemaian terlebih dulu juga tidak apa.

Apa saja yang perlu anda siapkan untuk melakukan perkecambahan benih / persemaian :

1. pinset
2. media tanam rockwool
3. tray semai
4. benih sayuran
5. air
6. sprayer

Langkahnya seperti apa:

1. Siapkan tray semai dengan media tanam rockwool, basahi dulu rockwool , setelah siap letakkan benih sayuran ke media tanam rockwool dengan menggunakan pinset. Untuk sayuran seperti pakcoy anda bisa menaruh 2 benih dalam 1 media tanam untuk semai, untuk kangkung bisa 4-6 benih.

2. Tutup tray semai dengan plastik supaya kelembapan tetap terjaga sehingga benih sayuran cepat berkecambah.

3. Letakkan pada tempat yang tidak disinari matahari secara langsung / gelap. tunggu 2-4 hari sampai benih sayuran mengeluarkan tunas calon daun. begitu sudah sprout / muncul tunas maka buka tutup plastik dan pindahkan pada tempat yang ada sinar mataharinya

4. setelah benih sudah berdaun 3-4 anda bisa memindah benih ke media tanam sesungguhnya, pindah tanam istilahnya.

pengecekan pertama setelah 24 jam, setelah itu cek tiap 12 jam, jika anda terlambat memindah benih bisa jadi benih dalam berkecambah tidak bagus. terjadi etiolase karena benih kurang cahaya. Tumbuh kurus dan tinggi.

Demikian langkah - langkah dalam perkecambahan benih sayuran yang bisa anda lakukan dirumah.

semoga bermanfaat..

2 komentar:

  1. Mau belajar bertanam, bagaimana cara mendapatkan stater kit dan dimana mendapatkan bibit ? Mohon info.. Tq

    BalasHapus