Jumat, 30 Agustus 2013

Tips sukses hidroponik sistem wick

Beberapa hari terakhir ini saya upload gambar pakcoy yang saya tanam dengan sistem wick hidroponik, menurut saya memang pertumbuhan kurang optimal. Nah dari teman-teman FB menambahkan banyak hal yang perlu saya koreksi pada sayuran hidroponik yang sedang saya tanam.
Dibawah ini beberapa hal yang perlu anda perhatikan jika anda menanam sayuran hidroponik dengan menggunakan sistem sumbu / wick.

Sebelum anda melanjutkan  membaca artikel ini , Yuk berbagi bersama kami tentang hidroponik di fanpage facebook kami klik disini  

1. sinar matahari
Setiap tanaman memerlukan sinar matahari yang cukup untuk keperluan fotosintesa, jika tanaman kurang mendapatkan sinar matahari biasanya pertumbuhan akan kurang optimal, gejala yang bisa dilihat dari tanaman yang kurang sinar matahari adalah daun berubah menjadi kekuningan, daun layu. Setiap jenis tanaman juga memerlukan sinar matahari yang berbeda-beda pula.

2. kelembapan media tanam
Pastikan media tanam yang digunakan memiliki daya serap air yang baik dan juga mampu menahan air. Jika media tanam cepat kering tentu bisa menjadi masalah. Selalu cek kondisi media tanam, usahakan selalu dalam keadaan yang cukup lembab untuk tanaman.

3. sumbu yang digunakan
Gunakan sumbu yang memiliki daya serap baik, supaya proses penghantaran nutrisi ke media tanam bisa berjalan dengan baik. Jika daya serap kurang bagus dikhatirkan sumbu dan media tanam kering sehingga pertumbuhan akar tanaman akan terhambat.

4. jarak netpot ke air nutrisi
Usahakan jarak antara netpot dan air nutrisi hidroponik berjarak dekat, antara 1-5 cm, supaya penyerapan air nutrisi ke media tanam optimal, sehingga pertumbuhan akar juga optimal.

5. nutrisi

1 komentar: