Kamis, 03 September 2015

Cara menanam sayuran hidroponik dengan paralon

Cara menanam sayuran umumnya dilakukan di tanah sawah maupun di polibag namun saat ini tren hidroponik membawa kebiasaan menanam sayuran ditanah dengan polibag banyak beralih ke media air dengan paralon.

Sebelum lanjut baca anda bisa ikuti fanpage kami di www.facebook.com/hidroponikforall

Hidroponik menjadi solusi bertani tanpa tanah yang saat ini banyak sekali digemari oleh kaum urban diperkotaan. Kenapa memilih hidroponik? karena menanam sayuran hidroponik tidak memerlukan lahan luas, tidak memerlukan tanah sebagai media, lebih bersih, cepat panen, mudah kontrol, hemat air dan mudah dalam perawatannya.

Ada berbagai media yang bisa digunakan untuk menanam sayuran hidroponik ini, salah satunya adalah menggunakan paralon. Anda bisa menggunakan sistem genang air biasa atau juga menggunakan sistem NFT/DFT dengan mengalirkan air nutrisi secara terus menerus didaerah perakaran sayuran hidroponik yang ditanam.

Anda sudah tau kan berbagai sistem hidroponik yang bisa anda gunakan? jika anda belum tahu anda bisa download ebook gratis teori dasar hidroponik di www.hidroponikuntuksemua.com, silahkan didownload jika anda belum mengerti tentang hidroponik itu apa. gratis ebooknya jadi tenang saja. silahkan diambil semoga bermanfaat ya.

Nah kembali ke cara menanam sayuran hidroponik dengan pralon ya, untuk pralon ini anda bisa menggunakan pralon 3 inchi maupun pralon 2,5 inchi silahkan dipilih mau yang mana. Untuk cara paling sederhana anda bisa membuat seperti gambar berikut :



anda bisa membuat pralon seperti gambar diatas ya.. untuk cara melubangi pralonnya anda bisa menggunakan mesin bur + holesaw , untuk alat dan bahan hidroponik anda bisa beli di toko online alat dan bahan hidroponik yang menjual alat dan bahan hidroponik tentunya. klik disini 

Anda bisa membuat sendiri atau anda juga bisa membeli starterkit hidroponik menggunakan pralon ini : dibawah ini contoh starterkit NFT jinjing yang bisa anda gunakan :


untuk langkah langkahnya : jika anda menggunakan dan membeli starterkit nft jinjing seperti gambar diatas anda sudah akan mendapatkan paket komplit tinggal mulai aja

1. siapkan media tanam biasanya menggunakan rockwool , 


2. Semai sayuran menggunakan rockwool
3. semprot semaian pagi siaang dan sore jangan sampai kekeringan
4. jika semaian sudah berdaun atau mulai berdaun tiga mulai spray nutrisi 300ppm


5. Jika semaian sudah berdaun 4 sayuran sudah siap dipindah tanam ke sistem NFT yang disiapkan



6. pelihara dan selalu cek kondisi tandong nutrisi ph, ppm dan suhu larutan nutrisi
7. panen





2 komentar:

  1. Bagus betul,saya udah beli dua pralon,ini ada yg tiga,lha di modifikasi harusnya bisa ya?

    BalasHapus
  2. Inspiratif.tahap tahapan difoto,jadi mudah dimengerti.

    BalasHapus