Jumat, 29 Januari 2016

Tren menanam sayuran hidroponik menggunakan tenaga surya

Menanam sayuran hidroponik memang sekarang ini menjadi tren baru di Indonesia, banyak masyarakat perkotaan yang saat ini gemar ber hidroponik. Selain hidroponik bersih tentu saja dengan menanam sendiri sayuran yang akan kita makan, kita bisa memastikan bahwa sayuran hidroponik yang kita tanam tidak mengandung pestisida berbahaya. Menanam sayuran hidroponik sehat untuk investasi kesehatan keluarga.

Jika anda menanam sayuran hidroponik menggunakan sistem NFT misalnya saja sistem NFT no netpot. Maka anda membutuhkan listrik untuk menghidupkan pompa yang bertugas mengalirkan nutrisi hidroponik di gully. Mau lihat seperti apa NFT no netpot ini ??



diatas contoh NFT no netpot.. Jika anda membutuhkan NFT no netpot dan peralatan hidroponik anda bisa berkunjung ke toko online alat bahan hidroponik anda bisa klik disni

Mari kita lanjutkan ke bahasan tentang hidroponik tenaga surya. Nah sistem kerja NFT no netpot diatas adalah air nutrisi hidroponik didalam bak di alirkan menggunakan pompa ber kekuatan 40 watt menuju gully diatas bak yang ada sayuran lettuce endivenya. Nah jika anda mau menggunakan panel surya untuk sistem hidroponik seperti foto diatas maka anda minimal membutuhkan 50 watt panel surya lengkap untuk bisa menggerakkan pompa pada sistem NFT diatas. 

Tertarik untuk mencoba menanam sayuran hidroponik menggunakan Panel Surya?? apakah lebih irit?? memang untuk investasi diawal agak lebih tinggi tapi sebenarnya lebih irit ketika jangka panjang. Harga panel surya lengkap untuk 50 watt adalah kisaran 1,5 jt.. 

Tentu saja mau menggunakan panel surya atau menggunakan listrik PLN semua tergantung anda, namun jika mau berhidroponik di wilayah yang tidak terjangkau listrik panel surya menjadi solusi yang bisa anda ambil. 

semoga bermanfaat ya

jika anda membutuhkan alat bahan hidroponik anda bisa berkunjung ke www.hidroponikuntuksemua.com/shop

0 komentar:

Posting Komentar