Selasa, 02 Juli 2013

Hujan menerpa sayuran Pakchoi hidroponikku

Hasil praktek sayuran pakchoi yang saya tanam tanpa media tanah ini baru berumur 3 hari, Alhamdulillah sih, sudah tumbuh semua, walaupun daun masih 2 seperti 4. Dari 12 lubang tanam memang tidak seragam sih, ada yang sudah benar-benar kokoh dengan 4 daunnya namun ada pula yang bijinya juga masih nyangkut di kuncup daun.

Meski ini masih baru permulaan memulai budidaya sayuran secara hidroponik namun apa yang saya bayangkan sebelumnya terbantahkan sudah, Ternyata tidak sesulit yang saya bayangkan. Dari mulai merangkai rockwool sebagai media tanam, membuat sumbu untuk aliran nutrisi ke rockwool, memasang air pump untuk oksigen, mencampur nutrisi hidroponik kedalam ember , membuat penyangga tanaman dengan stereofoam dll. Asyik juga ya..

Ayo buat teman-teman yang merasa bahwa bercocok tanam adalah hal yang susah ayo kita mulai dengan menanam sistem hidroponik. Bisa memanfaatkan pekarangan rumah yang kosong, bahkan memanfaatkan teras rumah untuk menanam baik sayuran maupun tanaman lain seperti cabe, tomat , melon dll. Semua bisa dilakukan dan ditanam dengan sistem hidroponik. Asyik kan..

Maaf ya ini memang benar-benar sebagai media belajar saya tentang berbagai hal yang berhubungan dengan teknik hidroponik. Yang saya baru coba saat ini adalah sistem hidroponik dengan wick system. Kenapa wick karena menggunakan media sumbu sebagai media untuk mengalirkan nutrisi ketanaman yang kita tanam.

Umur Tanaman pakchoi ku baru berumur 3 hari nanti jam 6 sore, karena saya mulai naruh biji pakchoi ke rockwool pada hari sabtu jam 6 sore,  dan sekarang hari selasa , hehe.  Baru saja hampir berumur 3 hari dan  ternyata hari ini  hujan, karena takut terjadi apa-apa dengan eksperimen pertama saya menanam pakchoi maka saya berinisiatif untuk memindah tanaman hidroponikku ke dalam. Ketempat yang tidak diterpa air hujan secara langsung.

fotonya dibawah ini ya..

Pak Choi umur 3 hari ini gan

Pak Choi umur 3 hari setelah taruh biji.. 
Maaf yang saya tampilkan cuma 2 foto aja, sebenarnya ada 12 lubang tanam yang saya tanam untuk awal mencoba sistem wick hidroponik ini. dan ada 1 biji yang ketinggalan 2 hari karena lupa naruh biji dalam cup dan rockwool,, hehe. Pas di cek ternyata gak ada bijinya. 

Saya akan terus mencoba update setiap hari diblog ini tentang tanaman yang saya tanam dengan sistem hidroponik ini, saya cukup bersemangat untuk bisa panen perdana sayuran hidroponik yang sehat dan saya tangani sendiri dari awal sampai panen, semoga sukses!!


0 komentar:

Posting Komentar