Kamis, 26 Juni 2014

Bikin NFT kit ternyata tidak sesusah yang dibayangkan kok

Kadang kita sering berpikir susah, sulit sebelum kita memulai, sebenarnya sering kali pikiran kita sendiri itu yang sok tahu. Padahal jika kita terus melangkah dan berani mencoba sebenarnya tidak akan sesulit yang kita bayangkan sebelum memulai. Betul?? pernah ngalami hal serupa?? hehe

Dari awal belajar hidroponik saya mulai dengan sistem wick pake bak air dengan masing masing bak air diisi 6 lubang tanaman, sebelum memulai dulu juga sepertinya sulit.. hehe.. Nah ketika kemarin mau mencoba membuat sistem NFT hidroponik ada pikiran lagi jangan jangan sulit nih..
eh ternyata mudah kok, tinggal beli bahan-bahan peralon air ukuran 3 ", 2" ,1" dan 1/2 " sesuai kebutuhan.Potong sesuai ukuran dan lubang tanam yang ingin dibuat. Biasanya jarak tanam untuk sayuran antara 15- 25 cm, maka dibuat lubang peralon berjarak 15-25cm. Untuk 1 pralon air biasanya panjangnya adalah 400cm.

Untuk peralatan yang diperlukan apa saja ya?
untuk membuat perangkat NFT menggunakan pralon alat dan bahan yang diperlukan yaitu :
1. pralon air
2. gergaji
3. lem pralon
4. amplas
5. mesin bur
6. holesaw ( fungsinya untuk membuat lubang pada pralon untuk menaruh netpot. )

Langkah selanjutnya adalah memotong pralon sesuai ukuran dan gambar rancang yang telah anda buat, setelah itu rangkai dan lem menggunakan lem pralon.
JIka sudah selesai maka cobalah sistem NFT yang anda buat tersebut. paling tidak cek aliran airnya apakah semua pralon dapat teraliri air dengan baik, jika sudah baik tentu saja langkah selanjutnya adalah semai tanamannya. Jika sudah cukup memiliki akar silahkan pindah ke sistem hidroponik NFT yang anda buat.
bisa jadi inpirasi, jika anda butuh NFT seperti diatas bisa hubungi 08812645148




selamat menanam hidroponik!!

1 komentar:

  1. sangat bermanfaat, terimakasih~
    tapi apa gak ada cara membuatnya dengan detail ya? kebetulan ada tugas sekolah membuat hidroponik nft dan masih bingung ^^"

    BalasHapus