Senin, 02 Desember 2013

Coba nutrisi / pupuk hidroponik baru

Nutrisi hidroponik adalah hal wajib anda miliki sebelum anda memulai berkebun hidroponik di rumah atau dikebun anda. Nutrisi hidroponik  sebagai nutrisi / pupuk untuk sumber hidup pengganti unsur unsur hara yang ada di tanah. Karena dalam bercocok tanam secara hidroponik tidak menggunakan tanah, biasanya media tanam diganti dengan arang sekam, cocopeat, rockwool, hidroton maupun jenis media tanam lainnya. Dalam bahan-bahan pengganti tanah ini tentu saja unsur hara nya kurang sehingga diperlukan nutrisi tambahan yaitu nutrisi hidroponik.

Dalam nutrisi hidroponik tentu saja harus memiliki kandungan lengkap untuk tumbuh kembang tanaman dari mulai semai, masa pertumbuhan sampai panen. Agar tanaman bisa tumbuh optimal diperlukan setidaknya 12 unsur hara seperti N, P, K, S, Mg, Ca, Fe, Zn, Mn,  Cu, Mo dan B.Selain unsur hara yang telah kami sebutkan tentu saja faktor lingkungan juga berpengaruh pada pertumbuhan tanaman hidroponik kita seperti kualitas air, pencahayaan, kelembapan dll.

Sebenarnya anda bisa membuat nutrisi hidroponik ini tapi tentu saja anda memerlukan ketelitian dan hitungan yang tepat agar komposisi mineral / unsur hara yang diperlukan tanaman untuk berkembang bisa optimal. Setiap tanaman memerlukan nutrisi dengan komposisi yang berbeda sehingga anda perlu memperhitungkan hal ini.

Saat ini saya ingin mencoba nutrisi hidroponik yang datang kemarin, seperti biasa akan dicoba dengan benih sayuran daun. Untuk berkebun hidroponik skala hobi tentu saja akan cukup ribet jika anda harus membuat nutrisi hidroponik sendiri, selain bisa jadi lebih mahal juga komposisi yang tidak tepat bisa menjadi masalah. Jika anda membutuhkan nutrisi hidroponik untuk tanaman hidroponik anda silahkan tinggalkan komentar dibawah ini ya..

0 komentar:

Poskan Komentar